Aturan Main Jika Berada di Waiting Room Rumah Sakit



Bagi pasien yang ingin pergi ke rumah sakit baik melalui BPJS Kesehatan, asuransi swasta, atau mandiri, tentu ada prosedur yang harus dipenuhi. Salah satunya saat berada di ruang tunggu rumah sakit, para pasien harus mematuhi aturan. Ruang tunggu rumah sakit adalah salah satu ruang wajib yang harus disediakan oleh rumah sakit. Ini adalah ruangan di mana pasien menunggu giliran mereka, apakah untuk pemeriksaan kebutuhan lain seperti minum obat atau menunggu hasil laboratorium.


Untuk rumah sakit, hal-hal yang harus dipenuhi tidak hanya memastikan rumah sakit memiliki ruang tunggu. Menurut aturan Kementerian Kesehatan Indonesia, ada beberapa persyaratan ruang tunggu rumah sakit yang harus dipenuhi, seperti:

  • Ruang tunggu harus tersedia dengan kapasitas yang memadai
  • Luas ruang tunggu sesuai dengan kapasitas layanan (perhitungan: 1-1,5 m2 per orang)
  • Pertukaran udara alami atau mekanis di dalam ruangan harus baik
  • Total pertukaran udara setidaknya 6 kali per jam
  • Ruang tunggu harus terkena pencahayaan alami
  • Harus menyediakan alat atau fasilitas desinfektan tangan

https://www.pembiayaan.id/2020/01/aturan-main-jika-berada-di-waiting-room.html



Selain kondisi di atas, ruang tunggu rumah sakit untuk pasien tidak menular dan pasien infeksi harus dipisahkan. Terutama, untuk pasien anak dan kebidanan, mereka harus memiliki ruang tunggu khusus yang steril. Ruang tunggu rumah sakit juga harus tersedia di setiap bagian yang berbeda. Tidak hanya untuk pemeriksaan poli, tetapi juga ruangan lain seperti radiodiagnostik, rehabilitasi medis, atau ruang penerimaan di depan rumah sakit. Kapasitas dan luas ruang tunggu rumah sakit harus memadai sesuai dengan kebutuhan layanan. Jangan sampai ruang tunggu tidak dapat menampung jumlah pasien sehingga pasien harus menunggu di area yang tidak seharusnya.


Meski tidak ditulis seperti jam berkunjung, tentu ada aturan yang harus dipatuhi oleh pasien saat berada di ruang tunggu rumah sakit. Ada hal-hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh pasien. Beberapa kondisi yang membuat seseorang harus berada di ruang tunggu rumah sakit, termasuk:

  • Menunggu giliran dokter
  • Menunggu hasil laboratorium
  • Menunggu pasien yang menjalani prosedur bedah
  • Menunggu pasien yang berada di ruang gawat darurat
  • Menunggu proses resep dari instalasi farmasi


Ada banyak lagi kebutuhan yang mungkin membuat seseorang harus berada di ruang tunggu rumah sakit. Mungkin bagi sebagian orang, ini bukan kegiatan favorit karena mereka harus berada di rumah sakit untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun, Anda perlu menyadari bahwa Anda tidak sendirian di rumah sakit. Ada orang lain yang juga memiliki kebutuhan di rumah sakit. Untuk menjaga kenyamanan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan saat di rumah sakit:

Satu hal yang bisa dilakukan untuk menghormati orang lain yang juga ada di ruang tunggu rumah sakit adalah mematikan nada dering ponsel. Ini juga berlaku saat Anda menonton video atau mendengarkan lagu, gunakan headset agar tidak mengganggu orang lain. Saat menerima panggilan, Anda harus menjauh agar tidak mengganggu orang lain. Intinya jangan membuat kebisingan di ruang tunggu rumah sakit.

Juga penting untuk diingat ketika di ruang tunggu rumah sakit tidak berbicara terlalu keras. Jangan biarkan orang lain yang cukup dekat dengan Anda dapat mendengar apa yang dikatakan. Ini bisa mengganggu orang lain.

Berada di ruang tunggu mungkin terasa membosankan, tetapi jangan terlalu mengeluh tentang waktu menunggu yang diambil. Keluhan demi keluhan hanya akan membuat suasana tidak nyaman. Lakukan aktivitas sambil menunggu, seperti membaca, mendengarkan musik atau mengisi TTS.

Ruang tunggu rumah sakit bisa berbeda satu sama lain. Salah satunya terkait dengan makan dan minum. Apakah diizinkan atau tidak? Cari tahu sebelum makan dan minum di kamar tinggi Anda.

Wajar jika dalam masa-masa sulit atau ketika panik dan diharuskan menunggu, seseorang tidak bisa peduli dengan sekitarnya. Namun, pastikan Anda terus menghormati dan menghormati orang lain. Kami tidak pernah tahu apa yang mereka hadapi saat itu. Jangan ragu untuk bertanya ke rumah sakit apakah ada benjolan dan Anda ingin bertanya. Patuhi aturan saat berada di ruang tunggu rumah sakit. Jika ada orang lain yang merasa terganggu, ada baiknya menghindari konfrontasi langsung. Selama Anda dapat menghormati aturan dan hak orang lain, sedikit memanjakan diri Anda dengan menonton vlogger favorit Anda di YouTube atau memejamkan mata sejenak tidak masalah.

0 Response to "Aturan Main Jika Berada di Waiting Room Rumah Sakit"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel