Aplikasi Sistem Keuangan Desa Siskeudes Tebaru 2019 V2.0 R2.0.0

Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau yang disingkat Sikeudes merupakan sistem aplikasi tata kelola keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPK) yang diperuntukkan guna untuk pengelolaan keuangan di desa.

Sejarah aplikasi tata kelola keuangan desa ini pada awalnya dikembangkan oleh Perwakilan BPKP Sulbar (Sulawesi Barat) yang merupakan proyek percontohan di lingkungan BPKP pada bulan Mei tahun 2015. Sistem aplikasi ini telah diimplementasikan secara perdana di Pemerintah Kabupaten Mamasa pada bulan Juni 2015. Keberhasilan atas pengembangan dan penggunaan aplikasi ini selanjutnya diserahkan kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaran Keuangan Daerah. Dimulai tanggal 13 Juli 2015 sistem aplikasi keuangan desa ini telah diambil alih pengembangannya oleh Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP di Jakarta.


Penggunaan sistem aplikasi keuangan desa ini harus mendapatkan persetujuan dari BPKP selaku pengembang aplikasi. Pemerintah Daerah (pemda) dalam hal ini dapat mengajukan permohonan penggunaan aplikasi ini kepada Perwakilan BPKP setempat. Pengajuan penggunaan sistem aplikasi agar dikoordinasikan oleh Pemerintah Daerah sehingga dapat diterapkan pada semua desa yang ada pada pemerintah daerah yang bersangkutan.
Persetujuan penggunaan aplikasi dilakukan dengan cara memberikan kode validasi yang dikeluarkan secara resmi oleh BPKP sebagai pengembang.


Aplikasi Sistem Keuangan Desa Siskeudes Tebaru 2019 V2.0 R2.0.0 ini merupakan pengembangan yang mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 20 Tahun 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) ini merupakan perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)  No 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Nah untuk yang ingin tahu dan mempelajari mengenai Aplikasi Sistem Keuangan Desa Siskeudes Tebaru 2019 V2.0 R2.0.0 dan perubahan apa saja yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 20 Tahun 2018 dapat didownload di link berikut. Disini!!  dan untuk pedomannya dapat didownload disini!!


Catatan:
Peringatan! ini versi simulasi jadi untuk latihan, dan untuk versi asli langsung didistribusikan ke desa melalui Dinas PMD Kabupaten masing-masing.
user = danadesa
password = danadesa

Jika ada kendala bisa ajukan pertanyaan melalui komentar atau via email danadesakira@gmail.com



Semoga bermanfaat untuk menuju Desa Mandiri dan Masyarakat Sejahtera. Salam!

3 Responses to "Aplikasi Sistem Keuangan Desa Siskeudes Tebaru 2019 V2.0 R2.0.0"

  1. ok kak, tapi itu hanya versi untuk latihan, adapun versi real didistribukan melalui dinas PMD masing-masing kabupaten

    ReplyDelete
  2. pak sy guru akuntansi di smkn 8 samarinda, sya mau mempelajari alikasi ini untuk sy ajaran ke murid sy di kelas XII, saya instal aplikasi sudah berhasil, tetai sy buka dengan user nama dan pasword yang bpk berikan,tetapi tidak bisa terbuka dan muncul DBC conection error (code3022), aplilasi tidak dapat melakukan koneksi ke database (mohon bantuannya dan solusinya)

    ReplyDelete

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel