Cara Mengaktifkan BPJS Yang Menunggak 1 Tahun

Cara Mengaktifkan BPJSYang Menunggak 1 Tahun - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan memberi warga negara layanan perawatan medis secara cuma-cuma. Cuma-cuma di sini bukan berarti anda tidak membayar sama sekali, karena anda tetap masih diharuskan membayar iuran setiap bulan. Apabila anda menunggak dan keanggotaan anda terblokir maka anda membutuhkan Cara Mengaktifkan BPJS Yang Menunggak 1 Tahun.



Biaya kontribusi yang harus dibayarkan setiap bulan tidaklah terlalu menguras kantong anda, untuk nominalnya sendiri juga bervariasi tergantung kelasnya. Biasanya untuk pekerja, kontribusi akan ditanggung oleh perusahaan. Adapun para veteran dan orang miskin, mereka sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

Menurut situs resmi BPJS Kesehatan, biaya iuran berikut untuk setiap kelas, seperti Kelas III, biaya iuran bulanan adalah 42000 rupiah. Kelas II, biaya iuran bulanan adalah 110.000 rupiah dan Kelas I, biaya iuran bulanan adalah  160.000 rupiah.



Biaya kontribusi ini harus dibayar secara teratur setiap bulan dan paling lambat setiap tanggal 10. Sebenarnya tidak ada alasan untuk terlambat membayar hanya karena mereka tidak tahu harus membayar di mana. Alasan seperti ini sudah tidak bisa anda pakai lagi pasalnya kini anda bisa membayar iuran melalui ATM. Jadi, lebih memudahkan anda dan anda juga tidak perlu repot mengantri di kantor Kesehatan BPJS.

Sayangnya, masih ada peserta yang tidak membayar biaya bulanan dengan alasan lupa atau bahkan disengaja sehingga mereka membutuhkan Cara Mengaktifkan BPJS YangMenunggak 1 Tahun. Bahkan, jika anda terlambat hanya sebulan, selain harus membayar denda, kartu BPJS anda juga berisiko dinonaktifkan. Akibatnya, anda tidak dapat menggunakan fasilitas perawatan kesehatan gratis dari BPJS.




Melalui situs resmi BPJS Kesehatan, ada peraturan baru mengenai sanksi jika terlambat membayar kontribusi BPJS Kesehatan. Peraturan tersebut secara resmi dibentuk mulai 1 April 2016. Dalam peraturan itu dijelaskan, jika peserta terlambat membayar iuran maka tidak akan ada penalti, tetapi kartu akan segera dinonaktifkan.

Jika peserta ingin mengaktifkan kembali, ia harus membayar semua tunggakan. Namun, jika peserta menerima layanan rawat inap dalam waktu 45 hari setelah kartu baru aktif, maka peserta akan didenda 2,5 persen dari biaya layanan kesehatan untuk setiap bulan tunggakan.


Tunggakan harus dibayar oleh peserta untuk maksimum 12 bulan. Jadi, jika peserta menunggak lebih dari 12 bulan, maka peserta hanya akan dikenakan biaya tunggakan 12 bulan. Denda 2,5 persen hanya dikenakan untuk biaya rawat inap maksimal 30 juta rupiah. Artinya, peserta yang biaya rawat inapnya di atas angka itu, masih hanya dikenakan denda 2,5 persen dari 30 juta rupiah.



Ada beberapa kerugian yang bisa anda rasakan ketika menunggak pembayaran biaya kontribusi BPJS, diantaranya seperti tunggakan yang anda miliki akan semakin besar dan nantinya akan membebani anda saat anda ingin mengaktifkan kembali kartu BPJS anda. Tunggakan kontribusi BPJS setiap bulan, tidak berarti membuat anda keluar dari keanggotaan BPJS. Alasannya, anda masih memiliki kewajiban melunasi tunggakan.

Selama tunggakan belum dilunasi, anggota keluarga lain yang ingin mendaftar kesehatan BPJS tidak akan dapat mendaftar sampai tunggakan dibayarkan. anda akan menghabiskan lebih banyak uang untuk perawatan jika anda tidak menggunakan fasilitas kesehatan BPJS.

Perlu diingat kembali apabila anda menunggak pembayaran BPJS dalam rentan waktu tertentu kartu keanggotaan anda bisa diblokir dan anda harus tahu Cara Mengaktifkan BPJS Yang Menunggak 1 Tahun jika anda ingin mengaktifkan kembali keanggotaan anda.



Untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Kesehatan anda, anda harus terlebih dahulu membayar tunggakan. Untuk mengetahui berapa total tagihan yang harus anda bayarkan, ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan seperti melalui SMS gateway atau melalui ATM.

Setelah mengetahui berapa banyak tunggakan yang harus anda bayar, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Pembayaran untuk setiap kelas berbeda. Untuk kelas ketiga, anda dapat membayar tunggakan di minimarket seperti Alfamart, Indomaret, kantor pos atau langsung datang ke Bank. Kelas satu dan dua, anda dapat melakukan pembayaran langsung melalui ATM yang telah bekerja dengan BPJS seperti BRI, BCA, BTN, Mandiri dan BNI.

Berikut ini akan dicontohkan cara membayar kontribusi biaya iuran BPJS melalui atm bank BRI.
  • Langkah pertama yakni anda harus memasukkan kartu atm anda ke dalam mesin atm.
  • Kedua pilih bahasa dan masukkan pin atm anda. Lalu pilih Transaksi Tunai.
  • Tekan tombol menu transaksi lainnya. Kelima anda memilih menu pembayaran yang  tertera pada layar atm anda.
  • Keenam pilih menu pembayaran BPJS kesehatan.
  • Kemudian masukkan kode 88888 dan tambahkan 11 digit angka kartu BPJS kesehatan anda. Setelah itu akan muncul nama keanggotan beserta nominal yang harus anda bayarkan.
  • Masukkanlah jumlah nominal yang harus anda bayarkan kemudian tekan “BENAR”. Setelah itu akan muncul konfirmasi ulang, tekan 1 untuk mengkonfirmasinya dan kemudian tekan “YA” dan proses pembayaran anda telah selesai dilakukan.










Salah satu kendala yang sering terjadi adalah kondisi keterlambatan pembayaran biaya yang sering dialami oleh kebanyakan orang yang merupakan peserta BPJS Kesehatan. Seperti yang kita ketahui, kontribusi ini akan menjadi dana untuk pelayanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS. Artinya, jika banyak peserta yang terlambat membayar biaya keanggotaan, ini bisa menjadi kendala bagi BPJS dalam menjamin pelayanan kesehatan bagi peserta lainnya. Konsekuensi yang harus diterima diantaranya pemblokiran keanggotaan dan untuk mengaktifkannya kembali anda membutuhkan Cara Mengaktifkan BPJS Yang Menunggak 1Tahun.

BPJS Kesehatan telah menetapkan aturan tentang masalah keterlambatan pembayaran dalam hukum. Bagi mereka yang terlambat pembayaran kontribusi, peserta akan dikenakan denda 2,5 persen dari jumlah kontribusi yang harus dibayarkan. Namun, bagi mereka yang terlambat lebih dari 3 bulan, BPJS akan memblokir kartu BPJS yang relevan.

Sebelum memblokir kartu BPJS yang menunggak, BPJS terlebih dahulu akan mengirim surat peringatan kepada peserta BPJS yang bersangkutan. Dengan begitu, peserta akan tahu dengan jelas bahwa kartu BPJS akan segera diblokir dan tidak dapat digunakan lagi dengan benar.

Dalam periode tunggakan kurang dari 3 bulan, kartu keanggotaan masih dapat digunakan untuk perawatan medis. Proses penggunaan kartu masih berjalan normal seperti biasa meskipun ada sejumlah biaya yang sudah lewat waktunya. Namun, dalam kasus kartu yang diblokir, yang berarti bahwa tunggakan selama lebih dari 3 bulan, peserta BPJS tidak akan dapat menggunakan kartu keanggotaan mereka untuk sementara waktu. Dengan begitu, kita bisa yakin apakah penggunaan kartu akan ditolak saat digunakan untuk perawatan.



Cara Mengaktifkan BPJSYang Menunggak 1 Tahun, jika kartu peserta BPJS sudah diblokir oleh sistem karena tunggakan kontribusi selama lebih dari 3 bulan, satu-satunya solusi yang dapat dipilih adalah melunasi semua tagihan bersama dengan jumlah bunga yang ditetapkan dalam peraturan BPJS Kesehatan.

Proses pembayaran tunggakan tunggakan dapat dilakukan serta membayar biaya bulanan lainnya. Ini berarti bahwa peserta tidak harus pergi ke kantor Kesehatan BPJS untuk membayar tunggakan. Peserta BPJS dapat melakukan pembayaran di tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti fasilitas ATM, kantor pos, Alfamart, Indomaret, dan lainnya.

Pembayaran harus dilakukan sekaligus. Semua tunggakan ditambahkan dengan bunga 2,5 persen tanpa sisa tagihan. Ini akan memudahkan sistem untuk dapat mengaktifkan kembali kartu BPJS yang bermasalah. Secara umum pengaktifan kembali kartu BPJS dapat berlangsung secara otomatis apabila keseluruhan denda telah dilunasi. Bisa di hari yang sama setelah membayar tunggakan. Atau paling lambat 2x24 jam setelah penyelesaian.

Dalam beberapa kasus, kartu BPJS mungkin tidak aktif meskipun pembayaran telah dilakukan dan telah melebihi 2x24 jam. Ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Pergi saja ke kantor BPJS terdekat dan lakukan pemblokiran manual di sana. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS beserta semua tanda terima yang menunggak sehingga BPJS dapat segera membuka blokirnya.

Mengingat prosesnya bisa lebih dari 2x24 jam, maka peserta yang akan membuka blokir tidak boleh membayar tunggakan selama masa-masa mendesak. Ini sangat berisiko karena pelunasan bisa dilakukan, tetapi proses pemblokiran tidak bisa dilakukan / ditunda. Sementara peserta harus menggunakan kartu BPJS secara bersamaan. Jika kondisinya demikian, peserta masih tidak dapat menggunakan kartu BPJS mereka.

0 Response to "Cara Mengaktifkan BPJS Yang Menunggak 1 Tahun"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel