Trik Pemasaran Usaha dengan Modal Kecil Seadanya
Trik Pemasaran Usaha dengan Modal Kecil Seadanya — Sebuah
usaha akan berhasil jika usaha tersebut menggunakan metode keuangan dan
pemasaran yang tepat. Dengan pemasaran yang baik, produk Anda akan mudah
diterima oleh konsumen. Dewasa ini, semakin majunya teknologi proses transaksi
jual-beli tidak dilakukan secara langsung. Dengan adanya internet, proses
pemasaran produk dapat dilakukan dengan mudah.
5.
Bersikap
Ramah dan Professional
Strategi
pemasaran yang baik tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar saja. Usaha
kecil menengah sangat perlu strategi pemasaran yang baik agar produk laku keras
oleh konsumen. Dengan modal seadanya, usaha kecil justru bisa bersaing sama hal
nya dengan usaha kelas atas. Berikut beberapa strategi pemasaran dengan modal
kecil yang perlu Anda ketahui.
1.
Memahami
4P dengan Baik
Sebelum
Anda memasarkan produk, hendaknya Anda memahami 4P (Produk, Place, Price,
Promotion). Pahamilah produk yang Anda pasarkan, hal ini merupakan langkah utama dalam strategi
pemasaran yang baik. Yang kedua, kenalilah pelanggan. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara, misalnya Anda seorang penjual gigi palsu, maka Anda memasarkan
produk Anda kepada lansia atau orang tua yang membutuhkan gigi palsu tersebut.
Anda tidak perlu memasarkan produk ke orang yang lebih muda atau kalangan
mahasiswa.
2.
Memasarkan
Produk dari Mulut ke Mulut
Memasarkan
produk dari mulut ke mulut merupakan hal yang mudah. Anda bisa menawarkan
produk ke kerabat atau keluarga. Dari keluarga dan kerabat Anda otomatis akan
menyalur ke yang lain. Hal ini merupakan trik yang jitu, disamping Anda tidak
perlu mengeluarkan uang untuk mengiklankan barang.
3.
Memasarkan
Produk Lewat Media Online
Media
online merupakan sarana yang ampuh untuk memasarkan produk. Banyaknya media
social saat ini membuat pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya iklan yang
terlalu mahal. Misalnya melalui akun instagram, line dan whatsaap, Anda hanya
perlu mengupload gambar dari produk yang akan di distribusikan setelah itu
mengeditnya sebaik mungkin. Dengan itu, pelanggan yang akan mendatangi Anda,
bukan Anda yang harus mencari pelanggan.
4.
Tentukan
Priotas
Dengan
menentukan prioritas, Anda akan bisa lebih keras dalam memasarkan produk. Skala
prioritas ini digunakan untuk menentukan dan menganalisis seberapa produk yang
akan di pasaran dan Anda dapat mengetahui Break
Event Point. Skala prioritas juga digunakan pengusaha agar tidak mengalami
kerugian.
Berilah
kesan pertama kepada pelanggan atau klien perusahaan. Hal ini dapat dilakukan
dengan : Pertama, cara senyum yang ramah, jabat tangan yang antusias, dan
jangan langsung tawarkan produk. Kedua, menarik empati lawan bicara, jangan
lakukan transaksi secara emosional. Ketiga, berperilaku positif yang
karismatik. Hal ini dapat diterapkan misalnya mengucapkan terimakasih setelah
terjadinya transaksi dan jangan sungkan meminta maaf jika Anda membuat kesalahan
atau kecewa pelanggan.
Beberapa
strategi diatas perlu diterapkan bagi Anda seorang pengusaha. Walupun, banyak
strategi yang bisa ditempuh untuk memasarkan produk, namun ada satu hal yang
perlu Anda ketahui. Yaitu berilah kesan pertama kepada pelanggan sebelum Anda
memasarkan produk. Semoga Bermanfaat.
0 Response to "Trik Pemasaran Usaha dengan Modal Kecil Seadanya"
Post a Comment